Langsung ke konten utama

Cara Memasang Baja Ringan Yang Benar | hal penting untuk dilakukan 2018

Rangka bajaringan,Cara Memasang Baja Ringan Yang Benar | hal penting untuk dilakukan 2018


Baja ringan adalah rangka atap yang terbuat dari material baja bermutu tinggi yakni
dengan standar high tensile strength 550 Mpa (5500 kg/cm2). G550 berlapis zinc dan aluminuim. Baja dibentuk hingga tipis dan ditarik untuk memenuhi kekuatan yang sesuai dengan standar sehingga bisa diinjak dan mampu menahan genteng serta plafon hingga di atas 10 tahun.


Memahami Cara Memasang Baja Ringan Yang Benar sebelum memasang kuda kuda  baja ringan  merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar proses pemasangan Baja ringan bisa dengan tepat, dan benar.
Untuk memasang atap bajaringan yang benar maka hal pertama yang penting untuk dilakukan ialah : 
  1. Membuat dan memasang kuda – kuda sebagai rangka utama dan gording. 
  2. Memasang Reng. Reng berfungsi sebagai pengikat / penguat kuda kuda juga penguat Gording. Reng juga berfungsi sebagai tempat meletakan genteng sekaligus media pengatur jarak barisan genteng agar rapih.
 Berikut ini adalah gambar ilustrasi untuk memasang rangka atap baja ringan yang benar :
1. Pembuatan Kuda – Kuda Terdiri Dari a, b, c
Cara Memasang Baja Ringan Yang Benar | hal penting untuk dilakukan 2018

a.  Sambungan Atas Baja Ringan ( Top Chord )


Cara Memasang Baja Ringan Yang Benar | hal penting untuk dilakukan 2018

b. Tumpuan Baja Ringan Pada Dinding ( Pitching Point )


Cara Memasang Baja Ringan Yang Benar | hal penting untuk dilakukan 2018

c. Skor Pengaku ( Web )


Cara Memasang Baja Ringan Yang Benar | hal penting untuk dilakukan 2018



2. Mendudukkan Baja Ringan Pada Dinding Memakai Bracket L


Cara Memasang Baja Ringan Yang Benar | hal penting untuk dilakukan 2018

Dipasang pada daerah Pitching Point. Produk Bracket L ada yang buatan pabrik atau juga bisa dibentuk sendiri dengan menggunakan profil C. Dipasang di dinding atau ring balok menggunakan dynabolt.
3. Memasang Reng Baja Ringan Dengan Profil Reng

Dipasang di atas kuda – kuda baja ringan dengan jarak pemasangan disesuaikan dengan jenis atap penutup yang akan dipakai.

Cara Memasang Baja Ringan Yang Benar | hal penting untuk dilakukan 2018



4. Memasang Lisplang
Bisa menggunakan lisplang GRC atau lisplang polos dan urat kayu


Cara Memasang Baja Ringan Yang Benar | hal penting untuk dilakukan 2018

5. Memasang Atap Penutup
Untuk atap bisa menggunakan genteng keramik, genteng batu, genteng metal pasir atau non pasir, dan sebagainya
Cara Memasang Baja Ringan Yang Benar | hal penting untuk dilakukan 2018

Demikianlah Uraian tentang Bagaimana Cara Memasang Baja Ringan Yang Benar dan hal penting untuk dilakukan, harapanya dengan memiliki pengetahuan tentang pentingnya memahami cara pemasangan baja ringan yang benar pada saat kita mempunyai kegiatan seperti Renovasi atau membangun rumah baru kita tidak segan-segan untuk memakai Baja ringan sebagai Struktur Rangka dan atapnya.
Untuk genteng metal berikut jenis dan tipe genteng metal :
  1. Genteng metal berpasir Multiroof ( bluescope ) 0.4 mm/ 2x5 = 10 daun
  2. Genteng metal berpasir Sakura roof ( bluescope ) 0.25/ 2x4 = 8 
  3. Genteng metal Non pasir Surya roof ( bluescope ) 0.3 mm/2x4 = 8 daun




    Sumber : rangkuman berbagai sumber

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Mengenal dan memilih jenis-jenis kayu terbaik untuk Kusen Rumah # Kayu Merbau

    #Kayu Merbau - Kusen kayu Merbau Kayu Merbau adalah salah satu jenis kayu yang diminati oleh masyarakat Indonesia untuk digunakan sebagai bahan Kusen pintu dan kusen jendela, Hal ini dikarenakan Kayu merbau memiliki kwalitas yang baik, Oleh karena kekuatan, keawetan dan penampilannya yang menarik, sekarang kayu merbau juga dimanfaatkan secara luas untuk pembuatan lantai  parket  ( parquet flooring ), papan-papan dan panel, mebel, badan  truk , ukiran dan lain-lain. [3]   Kayu merbau yang diwilayah Maluku dan Papua Barat dinamakan Kayu besi ini juga    dimanfaatkan kayunya dalam konstruksi berat seperti balok-balok, tiang dan bantalan, di bangunan rumah ataupun pada jembatan. #Kayu Merbau - #Kusen kayu Merbau Karakter kayu Merbau A. Warna kayu merbau Warna Kayu teras : kelabu coklat atau kuning coklat sampai coklat merah cerah dan  Beberapa di antaranya juga ditemukan berwarna hitam  atau hampir hitam. Kayu gubal :  berwarna kuning pucat sampai kuning muda. B. Tekstur serat kayu Merb

    HEBEL BATA RINGAN - RAB ukuran dan kegunaanya

      HEBEL BATA RINGAN - ukuran dan kegunaanya Jaman NOW ini untuk beberapa wilayah di Indonesia pemakaian Bata merah sepertinya sudah mulai di tinggalkan, alasanya jelas Bata merah makin kurang praktis dan lainya. Kita menjumpai Era baru pemakaian Hebel atau Bata ringan (   Beton Ringan Aerasi Hebel (Autoclaved Aerated Concrete) ? AAC Lalu apa sih Hebel itu ? Hebel bisa disebut sebagai Beton Ringan Aerasi Hebel (Autoclaved Aerated Concrete) atau bata ringan yang mempunyai bahan baku utama terdiri dari pasir silika, kapur, semen, air, ditambah dengan suatu bahan pengembang. Kemudian dirawat dengan tekanan uap air. Beton Ringan Aerasi Hebel merupakan bahan bangunan yang ringan dengan kekuatan yang tinggi dan kemampuan insulasi yang sangat baik. Kekuatan Hebel diperoleh dari proses perawatan dangan menggunakan uap air pada autoclave. Reaksi antara kapur dan pasir silika pada suhu sekitar 183ºC membentuk suatu subtansi baru yang disebut Tobermorite . Proses pengembangan menghasilkan pori-

    PIPA PVC PARALON Polivinil klorida

    Pipa PVC   atau dalam bahasa sainsnya adalah  Poly Vinyl Chloride  merupakan bahan pipa thermoplastic yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari.  Pipa PVC  biasa kita sebut dengan sebutan  pipa paralon  padahal sebenarnya pipa ini adalah PVC   Pipa paralon ini biasa kita gunakan dalam membangun saluran air di rumah kita, terutama jika kita sedang dalam proses membangun rumah dari awal.  Seperti yang banyak kita temui,  Pipa PVC /  pipa paralon ini mempunyai 2 macam warna yakni abu-abu dan putih . Dua warna ini merupakan warna yang paling banyak kita temui di pasaran.  Apakah ada perbedaan  kualitas? Secara umum, warna pipa thermoplastic abu-abu dan putih tidak mempunyai perbedaan yang signifikan dalam hal kualitas. Hanya saja, pipa putih akan memantulkan sinar matahari lebih baik sehingga lebih tahan dan tidak bengkok saat terkena matahari tapi mempunyai kelemahan tidak tahan terhadap lumut. Sedangkan pipa abu-abu tidak tahan terhadap sinar matahari karena menyerap panas mata